Mahasiswa Unida Selesai KKM di Thailand, Ajarkan Warga di Sana Masak Kuah Beulangong Hingga Timphan

01 Oktober 2019 15:16, Oleh : ICT UNIDA, Kategori : Berita

Sebanyak 45 mahasiswa Universitas Iskandar Muda (Unida) Aceh, Banda Aceh, selesai melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Thailand Selatan.Tepatnya di Provinsi Yala, Patani, dan Narathiwat. Mereka yang KKM di sana dibagi dalam dua tahap selama sebulan.Untuk yang tahap kedua juga sudah berakhir praktik lapangan ini, Minggu (29/9/2019). Kemarin, Minggu (29/9/2019), mereka yang KKM tahap terakhir ini pun tiba di Banda Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar.Kepulangan mereka diterima Rektor Unida Prof Dr Syafei Ibrahim, Wakil Rektor I, Dr Nasrullah, Wakil Rektor II Dr M Ali Hasballah, dan Ketua KKM Luar Negeri Unida, Bustamam Ali MPd.

Hazimah Murni, mahasiswa KKM Unida di negara itu mengatakan selama melakukan praktik di sana, mereka disambut baik oleh warga Yala, Pattani, dan Narathiwat. Menurutnya, mereka bersatu padu dengan masyarakat melakukan berbagai kegiatan pembangunan, termasuk ketrampilan, agama, dan budaya.“Kami juga mengajari warga di sana cara membuat masakan Aceh, mulai cara memasak kuah beulangong, kuah pliek u, keumamah, membuat rujak Aceh, dan timphan,” katanya. Hal ini sebagaimana disampaikan Bustamam Ali lewat siaran pers kepada Serambinews.com.Sedangkan dalam bidang kesenian, siswa diajarkan Tari Saman dan Tari Ranup Lampuan.Sebaliknya, kata Bustamam, mahasiswa Unida yang KKM di sana juga sering mendapat jamuan makam malam dari penduduk setempat yang hampir semuanya itu muslim sebagaimana di Aceh. Sedangkan saat perpisahan dan penutupan KKM ini, mahasiswa juga mendapatkan berbagai bingkisan serta penghargaan.

Rektor Unida Prof Dr Syafei Ibrahim, menyebutkan selain 45 mahasiswa yang KKM di Thailand itu, sebagian besar lainnya, mahasiswa Unida tahun ini KKM di Kecamatan Leupueng dan Saree Aceh Besar.Kemudian di Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie.“Total semua mahasiswa Unida yang KKM tahun ini 176 orang,” sebut Rektor Unida. Saat pertama datang ke Thailand, para mahasiswa Unida yang KKM di negara itu menampilkan Tarian Likok Pulo dan drama singkat tentang tsunami Aceh.Hal ini mereka tampilkan di Kampus Makhad Perguruan Tinggi Jisda Yala, Thailand Selatan, Minggu (1/9/2019).“Kegiatan ini dalam rangka memperingati 1 Muharram 1441 Hijriah. Walaupun persiapannya singkat, namun berhasil memukau penonton,” kata Bustamam Ali yang ikut dalam rombongan Unida pengantar mahasiswa KKM ini ketika itu.Kedatangan mereka yang diantar Rektor Unida, Syafei Ibrahim dan rombongan diterima Presiden Pattani University, Wan Nor Mattah, di kediamannya, Yala, Thailand Selatan, Sabtu (31/8/2019) malam.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Mahasiswa Unida Selesai KKM di Thailand, Ajarkan Warga di Sana Masak Kuah Beulangong Hingga Timphan, https://aceh.tribunnews.com/2019/09/30/mahasiswa-unida-selesai-kkm-di-thailand-ajarkan-warga-di-sana-masak-kuah-beulangong-hingga-timphan?page=3.Penulis: Mursal IsmailEditor: Mursal Ismail

Copyrights © 2019 Universitas Iskandarmuda. All rights reserved.