Kuliah Sambil Kerja, Mahasiswa Kampus Alam Unida Lamteuba Aceh Besar Panen Lele, Ini Pesan Rektor

Rektor Unida, Prof Dr Syafei Ibrahim (kiri), ikut memanen perdana lele di Kampus Alam Unida, Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Kamis (14/12/2023)

Rektor Unida, Prof Dr Syafei Ibrahim, menyambut gembira panen lele perdana hasil budidaya oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di kampus alam itu, meski untuk tahap awal ini hasilnya masih relatif sedikit, yakni sekitar 200 kilogram.

BANDA ACEH – Mahasiswa Kampus Alam Universitas Iskandarmua atau Unida Lamteuba di Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, panen perdana ikan lele yang mereka budidaya di kampus itu, Kamis (14/12/2023).

Panen perdana lele ini ikut disaksikan Rektor Unida, Prof Dr Syafei Ibrahim, Wakil Rektor III, Dr Bustamam Ali, Dekan Fakultas dan Ekonomi Islam, Dr Badruzzaman, dan Koordinator Kampus Alam Unida Lamteuba, Drs Hamdani.

Rektor Unida, Prof Dr Syafei Ibrahim, menyambut gembira panen lele perdana hasil budidaya oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja di kampus alam itu, meski untuk tahap awal ini hasilnya masih relatif sedikit, yakni sekitar 200 kilogram.

“Namun secara bertahap bisa ditingkatkan. Ke depan juga harus dipikirkan pengolahannya. Artinya, lele yang dipanen nanti tak lagi memasarkan dalam bentuk ikannya saja, tetapi juga hasil pengolahan dalam bentuk kerupuk ikan atau lainnya setelah pengawetan,” kata Rektor.

Muliadin, seorang mahasiswa yang terlibat dalam budidaya lele ini menjelaskan sebagian hasil panen perdana ini sudah dipasarkan di Pasar Lamteuba dengan harga Rp 35 ribu per kilogram.

“Satu kilogram itu rata-rata empat sampai lima ekor, sedangkan jangka waktu pemeliharaan tiga bulan,” jelas Muliadin didampingi rekannya Wahyu, Alwi, dan Aldi.

 

Sementara itu, Wakil Rektor III, Bustamam Ali, menyebutkan saat ini Kampus Alam Unida, Lamteuba memiliki tiga prodi, yakni Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Agroteknologi.

“Selain budidaya ikan, juga ada lahan pertanian, peternakan sapi, kambing dan ayam. Mahasiswa umumnya kuliah sambil bekerja sekaligus juga santri karena di lokasi ini juga sudah dibangun Dayah Iskandarmuda,” kata Bustamam Ali.

Semua informasi ini juga sebagaimana dikutip Bustamam Ali dalam siaran pers dikirim kepada Serambinews.com, Kamis (14/12/2023). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *