Dosen Unida Laksanakan Pengabdian di Sabang

31 Maret 2022 10:26, Oleh : ICT UNIDA, Kategori : Berita

Banda Aceh - Universitas Iskandar Muda telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) mandiri. Kegiatan PKM ini berkolaborasi dengan 8 perguruan tinggi lainnya yaitu, Politeknik Pelayaran Malahayati, Universitas Jabal Ghafur, IAIN Takengon, Politeknik Indonesia Venezuela, Universitas Abulyatama, Universitas Serambi Mekkah, Akper Kesdam Lhokseumawe, politeknik pertanian negeri Payakumbuh. PKM dilaksanakan di Sabang desa cot ba'u pada hari senin tanggal 28 Februari 2022. Dalam pelaksanaan kegiatan PKM tersebut telah mengundang warga desa cot ba'u Sabang yang terdiri dari beberapa kelompok kaderisasi desa dan warga setempat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan rutin tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen.

Pada kesempatan ini Universitas Iskandar Muda memprakarsai kegiatan PKM ini untuk menampung program-program pengabdian dosen agar kegiatan PKM ini lebih bermanfaat dimana banyak bidang ilmu yang dapat disosialisasikan kepada masyarakat. Kegiatan PKM yang diketuai oleh Siti Rahmatina, M.Pd selaku Ketua Prodi pendidikan Matematika FKIP Universitas Iskandar Muda, melibatkan 52 orang Dosen dari 9 perguruan tinggi sebagai panitia pelaksana yang ikut berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan PKM. Kegiatan ini juga disambut hangat oleh Kechik cot ba'u Sabang mulai dari rapat awal pertemuan di Banda Aceh sampai dengan akhir acara. Beliau juga sangat membantu dalam pengurusan surat menyurat dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh akademis perguruan tinggi ini dalam menjalankan kegiatan PKM.

Pada kegiatan PKM ini, Siti Rahmatina, M.Pd selaku ketua Tim yang terpilih mengungkapkan tema dari kegiatan PKM tersebut yaitu kolaborasi dosen antar perguruan tinggi dalam rangka sosialisasi ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, pertanian, teknik, sosial dan kesehatan, yang meliputi beberapa program diantaranya: belajar matematika dari lingkungan alam sekitar oleh dosen FKIP Nova Fahradina, M.Pd, peran orang tua dalam membentuk karakter anak dalam keluarga oleh dosen FKIP Nena Puspita Sari, M.Pd, peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring oleh dosen FKIP Afrida Hanum, M.Pd, English for tourism oleh dosen FKIP Ida Muliawati, M.Pd, pemanfaatan limbah rumah tangga untuk pembuatan pupuk organik cair (POC) oleh dosen Fakultas Pertanian Ir. Elviani, M.P, penggunaan POC dari limbah rumah tangga untuk budidaya tanaman hortikultura oleh dosen Fakultas Pertanian Ir. Nurlia Farida, M.P, pengolahan bunga telang sebagai makanan dan minuman herbal dalam meningkatkan imunitas pada masa pandemi oleh dosen Fakultas Pertanian Novi Mailidarni, M.P, pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk tanaman hortikultura oleh dosen Fakultas Pertanian Ir. Nyak Yusfa Afrina, M.P, pemanfaatan limbah organik yang ramah lingkungan untuk pembangunan konstruksi perkerasan aspal pada jalan desa oleh dosen Fakultas Teknik Febrina Dian Kurniasari, M.T, penerapan K3 Teknik di GP Cot ba'u oleh dosen Fakultas Teknik Syukri, M.T, peran suami dan istri dalam memenuhi perekonomian keluarga oleh dosen Fakultas Syariah Rizkal, M.H, leadership perempuan dalam pembangunan desa oleh dosen Fisipol Dr. Tasmiati Emsa, M.Si, pencegahan dini terhadap luka diabetes oleh Ns. Al-Huda, S.Kep.,M.Kes, dan
pemeriksaan kesehatan dan perawatan luka modern secara gratis oleh Tim Akper Kesdam Lhokseumawe.

Setelah pembukaan acara oleh ketua panitia yang kemudian disambut oleh Adnan Hasyim selaku Keuchik cot ba'u Sabang, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ilmu pengetahuan dari berbagai bidang ilmu sesuai dengan tema dan program kepada masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis yang ditangani oleh Akper Kesdam Lhokseumawe dibawah arahan Ns. Al-Huda, S.Kep.,M.Kes selaku direktur. Acara diakhiri dengan pembagian sembako sebagai buah tangan dari Tim panitia untuk peserta.

Warga Cot Ba'u Sabang sangat antusias dalam mengikuti acara dari awal hingga selesai. Bahkan mereka menyarankan jika nantinya akan ada pelatihan atau sejenis kegiatan lanjutan yang berkesinambungan terkait beberapa program yang disosialisasikan di desa mereka. Jalannya diskusi bersama warga dan tanya jawab dengan pemateri dari beberapa program yang berbeda juga sangat aktif. 

Salah satu materi presentasi yang hangat disambut warga adalah pendidikan karakter yang disosialisasikan oleh dosen FKIP universitas Iskandar Muda, melihat pentingnya pendidikan karakter yang perlu dibina dan diterapkan pada anak didik, maka warga yang juga dihadiri oleh kaderisasi paud sangat mengharap akan adanya pelatihan terkait pembinaan karakter pada anak. Begitu pula Tak kalah menariknya materi dengan judul  English for tourism yang merupakan materi pembuka yang disampaikan oleh dosen FKIP universitas Iskandar Muda, dimana daerah Sabang merupakan tempat wisata internasional yang banyak mengundang perhatian turis asing dari berbagai negara dan menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa komunikasi andalan.

Ditengah maraknya pemeliharaan tanaman yang juga dijadikan sebagai hobby oleh masyarakat setempat, presentasi materi dengan judul pupuk organik cair (POC) sangatlah ditunggu2 oleh warga dari berbagai kelompok kaderisasi yang Hadir. Materi POC tersebut telah membuat Dosen Pertanian Universitas Iskandar Muda dibanjiri pertanyaan bahkan warga meminta agar materi tersebut dibagikan untuk bisa dipraktekkan. Tak kalah saing dengan materi bunga Telang yang selama ini dikenal bunga,a namun tak diketahui manfaatnya. Dosen pertanian universitas Iskandar Muda mendemonstrasikan bunga Telang yang telah dikeringkan dan menjelaskan manfaatnya yang sangat berguna bagi kesehatan.

Harapan kami dengan adanya kolaborasi PKM mandiri ini, dapat mempererat silaturahmi antara dosen  di beberapa perguruan tinggi dan menambah ilmu pengetahuan dari berbagai bidang yang dapat dikolaborasikan di lapangan, serta terjalinnya hubungan yang saling bermanfaat dengan masyarakat sekitar, sehingga dapat berbagi dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan di tengah masyarakat.

Copyrights © 2021 Universitas Iskandarmuda. All rights reserved.